Jumat, 10 Februari 2012

Monopoly Deal



Monopoly DEAL adalah permainan monopoli yang menggunakan kartu dan sangat praktis. Monopoly DEAL terdiri dari 110 kartu dalam 1 tumpukan yang terdiri dari berbagai kartu properti dan kartu action. Dalam permainan ini, pemain berusaha mendapatkan 3 full set kartu properti dengan warna yang berbeda untuk memenangkan permainan ini, dibantu dengar kartu action yang bisa digunakan untuk memaksa lawan-lawan untuk membayar sejumlah uang atau dengan mencuri kartu properti miliknya.

Tipe-tipe kartu :
- Kartu properti (1 warna) : Kartu paling penting dalam permainan ini. Pemain harus mendapatkan 3 full set dengan warna berbeda untuk menjadi pemenang.
- Kartu double-property (2 warna) : Kartu yang memiliki 2 warna sekaligus dalam 1 kartu. Pemain dapat memilih salah satu warna yang diinginkannya untuk dipakai.
- Kartu multi-property (Semua warna) : Kartu yang dapat digunakan untuk melengkapi set kartu. Bisa digunakan untuk warna apa saja. Tetapi kartu ini tidak bisa digunakan untuk membayar, tetapi bisa dicuri oleh kartu "Deal Breaker","Sly Deal", dan "Forced Deal".
- Deal Breaker : Kartu yang dapat mencuri 1 set penuh kartu milik lawan termasuk rumah atau hotel yang digunakan untuk melengkapi set tersebut.
- Sly Deal : Kartu yang dapat mencuri 1 kartu properti milik lawan (tidak termasuk uang) kecuali kartu tersebut sudah menjadi bagian dari sebuah full set.
- Forced Deal : Kartu yang dapat menukar 1 kartu properti milik sendiri dan 1 kartu kartu milik lawan yang ingin ditukar oleh pengguna "Forced Deal", tetapi tidak bisa menukar kartu yang sudah menjadi bagian dari full set.
- Kartu Sewa (Rent) : Kartu yang memaksa semua lawan membayar uang sesuai dengan warna yang terdapat pada kartu sewa tersebut. Misalnya kartu rent tersebut memiliki warna biru dan hijau, jadi kartu sewa hanya bisa digunakan untuk kartu properti warna biru dan hijau yang terdapat di arenamu.
- Kartu Multi-Coloured Rent : Kartu yang memaksa satu lawan membayar uang sesuai dengan warna kartu properti yang kamu inginkan.
- Double The Rent : Kartu yang dapat digunakan untuk menduakalipatkan harga sewa yang harus dibayar oleh lawan. Tetapi kartu ini harus digunakan bersamaan dengan kartu sewa(rent) atau kartu Multi-Coloured Rent.
- Just Say No : Kartu yang dapat digunakan pada saat apapun, yang berfungsi untuk menangkal efek kartu action milik lawan. Kartu Just Say No juga dapat digunakan untuk menangkal efek kartu Just Say No milik lawan dan seterusnya.
- Debt Collector : Kartu yang memaksa 1 lawan untuk membayar 5M pada pengguna kartu.
- It's My Birthday : Kartu yang memaksa semua lawan untuk membayar 2M pada pengguna kartu
- Pass GO : Kartu yang mengizinkan pengguna kartu untuk menarik 2 kartu dari tumpukan.
- House : Kartu yang HANYA dapat digunakan pada full set kartu properti. Kartu ini berfungsi menambahkan biaya sewa (rent) sebanyak 3M
- Hotel : Kartu yang HANYA dapat digunakan pada full set kartu properti, kartu ini juga HANYA boleh digunakan setelah full set tersebut sudah dipasang HOUSE. Kartu ini dberfungsi menambahkan biaya sewa(rent) sebanyak 4M
- Money Card(Kartu Uang) : Kartu yang dapat digunakan membayar biaya sewa, pajak, hadiah, dll.

Cara bermain :
1. Kocok tumpukan tersebut. Kemudian bagikan 5 kartu untuk masing-masing pemain.
2. Menentukan giliran bermain.
3. Untuk memulai giliran, pemain harus menarik 2 kartu dari tumpukan.
4. Setiap giliran pemain, HANYA boleh memainkan 0-3 kartu, untuk memainkan kartu letakkan kartu di bank( bisa diletakkan di depan pemain) INGAT! Kartu yang sudah diletakkan di bank tidak bisa dikembalikan ke tangan.
5. Apabila kartu action(termasuk Just Say No) dan house/hotel diletakkan di bank, kartu tersebut hanya bisa digunakan sebagai uang dan efeknya tidak dapat digunakan lagi.
6. Apabila lawanmu memintamu untuk membayar uang sewa, dan jika di bankmu tidak ada uang, maka kamu tidak perlu membayar. Kartu Multi-Coloured Property tidak dapat digunakan untuk membayar, jadi HATI-HATI!
7. Pada akhir giliran, apabila kartu ditangan mencapai 8 kartu atau lebih, maka kartu tersebut harus dibuang sampai tersisa 7 kartu di tangan.
8. Pemenangnya adalah pemain yang berhasil mengumpulkan 3 full set kartu properti dengan warna yang berbeda. Apabila tumpukan kartu sudah habis sebelum mendapatkan pemenangnya, pemenangnya ditentukan dengan memiliki uang terbanyak di bank masing-masing.

Ketentuan dalam bermain :
1. Pada bagian kiri atas kartu properti/kartu action apapun (kecuali multi-coloured wild property card) ada harga seperti gambar di bawah, terdapat "M2". Itu menandakan harga kartu tersebut dan juga dapat digunakan sebagai pembayaran. DENGAN CATATAN, apabila kartu tersebut sudah menjadi full set, maka kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk membayar. Singkatnya, tidak bisa diganggu selain oleh "Deal Breaker"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar